Sunday, December 9, 2012

Sekilas VIAR


Sekilas Viar

VIAR didirikan dengan tekad untuk menjadi salah satu produsen sepeda motor terbesar di Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan komitmen VIAR yang selalu memproduksi sepeda motor dengan mutu tinggi dan harga yang terjangkau kepada masyarakat Indonesia agar VIAR menjadi leading brand otomotif di Indonesia.
Kini, dengan pabrik luas yang berlokasi di Semarang, VIAR terus mengadakan ekspansi pabrik hingga seluas 20 hektar. Saat ini VIAR telah mampu memproduksi sepeda motor secara CKD (Completely Knocked-Down) dan memiliki kapasitas produksi hingga 1000 unit per hari sehingga menjadikannya sebagai salah satu pabrik otomotif terbesar di Indonesia. Dukungan berbagai vendor part otomotif terbaik di Indonesia dan luar negeri serta ketatnya Quality Control memastikan setiap produk sepeda motor viar merupakan produk yang bermutu tinggi.
Lebih dari 700 dealer sepeda motor di seluruh Indonesia telah bergabung menjadi jaringan penjualan sepeda motor VIAR. Dari segi pembiayaan, VIAR juga didukung oleh perusahaan-perusahaan leasing terbesar seperti ADIRA Dinamika Multi Finance dan Bhakti Finance. Hal ini telah mengukuhkan eksistensi sepeda motor VIAR di dalam dunia otomotif Indonesia .

Berikut adalah beberapa peristiwa dan perkembangan yang penting dari sejak Viar didirikan tahun 2000 :
February 2000 PT Triangle Motorindo didirikan
July 2000 Sepeda Motor diimport secara CBU (Completely Built-up)/utuh
Desember 2000 Pabrik perakitan di Terboyo Industrial Park (Semarang) selesai dibangun. Lini Mesin dan rangka mulai didirikan.
Juli 2001 Perakitan secara CKD (Completely Knocked-Down)/terurai dimulai
Oktober 2001 Proyek VIAR Taiwan Motorcycle - generasi Apollo dimulai
Desember 2001 Perakitan VIAR Apollo dilakukan secara IKD dengan mengunakan komponen mesin Taiwan dan dibantu oleh tenaga ahli dari Taiwan
Juni 2003 Pabrik terintegrasi tahap II resmi beroperasi dan VIAR generasi Speed mulai diproduksi. Pengunaan komponen lokal semakin digalakan dalam generasi Speed
Oktober 2004
Pengembangan jaringan penjualan, servis dan suku cadang yang lebih intensif dan menyebar pada wilayah seluruh Indonesia dimulai
Februari 2006 VIAR Generasi Star dimulai dengan tema "MOTOR MURAH TAPI BUKAN MURAHAN"
Juni 2007 Pabrik terintegrasi tahap III selesai dan dilanjutkan dengan pengembangan line produksi, QC, R&B, serta Teknologi Engineering untuk masa depan
Juli 2007
Pembangunan Pabrik terintegrasi Tahap IV dimulai persiapan pembangunan kawasan industri otomotif yang modern dan terpadu. Investasi tahap I sebesar 20 juta USD.
Desember 2009 Peluncuran sepeda motor varian Sport VIX-R di Semarang.

Visi :

Menjadikan Viar sebagai leading brand di bidang Otomotif di Indonesia

Misi :

Menyediakan kendaraan transportasi yang berkualitas dan bergaransi dengan harga yang terjangkau bagi mayoritas penduduk Indonesia

Pabrik VIAR yang berlokasi di Semarang (Jawa Tengah) telah berdiri sejak tahun 2000. Seiring dengan semakin berkembangnya perusahaan Triangle Motorindo, pabrik VIAR juga mengalami perkembangan yang signifikan, baik dalam system produksi, kapasitas produksi, dan kualitas produksi. Melihat permintaan akan sepeda motor VIAR yang meningkat maka Triangle Motorindo kemudian membangun pabrik II seluas 20 hektar di areal Bukit Semarang Baru – Semarang, Jawa Tengah.

Pabrik I : Terboyo Industrial Park

Pabrik VIAR I telah berdiri sejak Desember 2000 di kawasan Industri Terboyo, Semarang. Dalam perkembangannya, sistem produksi yang bermula dari CBU telah meningkat hingga menjadi system CKD (Completely Knocked-Down). Kapasitas produksi pabrik yang seluas 4 Hektar ini mencapai 25.000 Unit per bulan.





Pabrik II : Bukit Semarang Baru

Pembangunan pabrik II VIAR seluas 20 Hektar di Bukit Semarang Baru (BSB) - Semarang, sudah dimulai sejak pertengahan 2007. Pabrik ini akan mengusung konsep baru dimana tidak hanya menjadi pabrik perakitan sepeda motor, namun juga mampu dalam memproduksi berbagai sparepart sepeda motor VIAR. Pabrik in akan memiliki peralatan dan perlengkapan yang mutakhir dalam industri otomotif di Indonesia dan menjadi pabrik sepeda motor pertama di Indonesia yang juga memproduksi sparepart original sendiri.

No comments:

Post a Comment